Minggu, 08 Mei 2016

Makalah Sistem Informasi Puskesmas

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Puskesmas merupakan salah satu instansi yang bergerak dibidang pelayanan jasa kesehatan masyarakat. Pada zaman sekarang telah banyak di bangun Rumah Sakit akan tetapi di daerah pelosok atau desa yang ada masih Puskesmas yang berfungsi sebagai usaha preventif (pencegahan) dan operatif (penanggulangan) terhadap upaya-upaya kesehatan masyarakat. Semakin banyak Rumah Sakit dan Puskesmas yang dibangun maka sangatlah penting jika pihak Puskesmas berfikiran untuk meningkatkan mutu dari Puskesmas tersebut. Untuk menunjang peningkatan mutu Badan usaha sosial seperti Puskesmas yang melayani masyarakat di bidang kesehatan, sistem yang terkomputerisasi sangat diperlukan karena pelayanan yang diberikan di Puskesmas juga harus cepat. Misalnya, mengatasi sistem informasi manajemen pada pendaftaran pasien yang selama ini digunakan. Penyelenggaraan upaya pelayanan kesehatan secara paripurna dijabarkan dalam kegiatan-kegiatan pokok di dalam gedung maupun di luar gedung Puskesmas. Kegiatan di dalam gedung Puskesmas meliputi pengobatan, kesehatan ibu dan anak (KIA), Keluarga Berencana (KB), kesehatan gigi dan laboratorium. Sedangkan kegiatan yang dilakukan di luar gedung Puskesmas meliputi pemberantasan penyakit menular, gizi, kesehatan ibu dan anak, imunisasi, penyuluhan kesehatan masyarakat, dan kesehatan usia lanjut. Sebagai tindak lanjut mengembangkan sarana pelayanan pendaftaran pasien di instansi jasa khususnya Puskesmas, perlu diadakan pengolahan sistem informasi manajemen yang memadai. Oleh sebab itu, untuk mengatasi masalah yang ada di Puskesmas  dapat dilakukan dengan cara membuat sistem informasi yang cepat, tepat dan akurat. Sistem informasi tersebut berupa “Sistem Informasi Kesehatan Puskesmas“.
B.     Rumusan Masalah
1.      Apa pengertian sistem informasi Puskesmas?
2.      Bagaimana ruang lingkup (kajian-kajian) sistem informasi Puskesmas?
3.      Bagaimana sumber data sistem informasi Puskesmas?
4.      Bagaimana pencatatan dan pelaporan kegiatan sistem informasi Puskesmas?
5.      Bagaimana pengembangan indikator sistem informasi Puskesmas?
C.    Tujuan Penulisan
1.      Untuk mengetahui pengertian sistem informasi Puskesmas.
2.      Untuk mengetahui ruang lingkup (kajian-kajian) sistem informasi Puskesmas
3.      Untuk mengetahui sumber data sistem informasi Puskesmas
4.      Untuk mengetahui pencatatan dan pelaporan kegiatan sistem informasi Puskesmas
5.      Untuk mengetahui pengembangan indikator  sistem informasi Puskesmas
D.    Manfaat Penulisan
Untuk pengembangan wawasan dan peningkatan ilmu pengetahuan mengenai Sistem Informasi Kesehatan Puskesmas.









BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian Sistem Informasi Puskesmas
Sistem Informasi Kesehatan merupakan  gabungan perangkat dan prosedur yang digunakan untuk mengelola siklus informasi (mulai dari pengumpulan data sampai pemberian umpan balik informasi) untuk mendukung pelaksanaan tindakan tepat dalam perencanaan, pelaksanaan dan pemantauan kinerja sistem kesehatan. Informasi kesehatan selalu diperlukan dalam pembuatan program kesehatan mulai dari analisis situasi, penentuan prioritas, pembuatan alternatif solusi, pengembangan program, pelaksanaan dan pemantauan hingga proses evaluasi.
Puskesmas merupakan salah satu instansi yang bergerak dibidang pelayanan jasa kesehatan masyarakat.
Sistem Informasi Puskesmas (Simpus) yaitu seluruh kegiatan Puskesmas mulai registrasi, tindakan medis/pengobatan, farmasi/apotik,  serta menejemen terhubung menjadi satu dengan sitem real online (up to date). Setiap saat menejemen atau pihak yang berkepentingan dapat memonitor perkembangannya.
Simpus merupakan sebagian dan kemampuan sistem informasi Menejemen Puskesmas  yang terintegrasi, disamping keuntungan lain seperti:
1.      Pencatatan medical record
2.      Kecepatan pelayanan administrasi
3.      Pembuatan laporan data penyakit  secara cepat dan akurat.
Untuk mengatasi hambatan dalam pelayanan kesehatan dalam Puskesmas keberadaan teknologi informasi merupakan salah satu faktor penunjang untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan yang ada.
Perencanaan suatu sistem informasi Puskesmas dilakukan dengan mempertimbangkan dua faktor yakni informasi dan proses, yang berbasis pada struktur manajemen Puskesmas yang bersangkutan. Secara garis besar struktur manajemen Puskesmas dapat dibagi menjadi dua bagian yaitu bagian struktural dan fungsional. Aktivitas pada bagian struktural lebih berhubungan dengan penanganan aspek administratif dan Puskesmas  yang bersangkutan seperti pembayaran dan perlengkapan, sedangkan aktivitas pada bagian fungsional lebih terfokus pada sisi pelayanan kesehatan pada pasien.
Faktor lain yang tidak kalah penting untuk menjadi dasar pengembangan sistem informasi Puskesmas adalah faktor keamanan, baik keamanan terhadap transmisi data maupun keamanan terhadap isi informasi atau information content. Salah satu bagian yang sangat memfokuskan perhatiannya terhadap masalah keamanan sistem informasi di Puskeswmas  adalah bagian pelayananan di BP. Data-data pada bagian ini berupa terbagi menjadi dua data utama yaitu data hasil pemeriksaan dan data diagnosis, dimana kedua jenis data tersebut menyangkut hal-hal yang berhubungan dengan privasi pasien.
B.     Ruang Lingkup (Kajian-Kajian) Sistem Informasi Puskesmas
Adapun tugas pokok dan fungsi masing-masing bagian di Pusat Kesehatan Masyarakat adalah sebagai berikut :
No.
Nama Jabatan
Uraian Tugas
1.
Kepala Puskesmas
1.      Melaksanakan fungsi-fungsi manajemen, bimbingan dan supervisi.
2.      Mengadakan koordinasi di tingkat kecamatan.
3.      Sebagai penggerak pembangunan kesehatan di tingkat kecamatan.
4.      Sebagai tenaga ahli pendamping Camat.
5.      Mengkoordinir dan bertanggung jawab terhadap semua kegiatan di puskesmas
2.
Koordinator Unit Tata Usaha
1.      Merencanakan dan mengevaluasi kegiatan di unit TU
2.      Mengkoordinir dan berperan aktif terhadap kegiatan di unit TU
3.      Menggantikan tugas Kepala Puskesmas bila Kepala
4.      Puskesmas berhalangan hadir
3.
Keuangan
1.      Melakukan perencanaan Keuangan
2.      Merealisasikan Keuangan
3.      Membuat pembukuan/penutupan kas.
4.      Mengambil gaji dan dana operasional serta yang berkaitan dengan kesejahteraan pegawai
5.      Pencatatan dan Pelaporan
6.      Membuat petikan daftar gaji
7.      Menerima setoran dari masing-masing unit pelayanan
8.      Mengkoordinir bendahara-bendahara di Puskesmas
9.      Melakukan setoran perda ke kas daerah
4.
Umum
1.      Rigistrasi Surat Masuk dan Keluar
2.      Melanjutkan disposisi Pimpinan
3.      Membuat konsep surat
4.      Mengkoordinir kegiatan petugas bagian pengiriman semua laporan puskesmas.
5.      Mengkoordinir kegiatan petugas bagian perbaikan sarana puskesmas
6.      Mengarsipkan surat.
7.      Melakukan kegiatan yang bersifat umum.
8.      Mengkoordinir pembuatan spanduk yang bersifat umum
5.
Kepegawaian
1.      Membuat laporan kepegawaian (Absensi, bezzeting, DUK, lap.triwulan, tahunan ,dsb.)
2.      Mengetik DP 3 yang sudah di isi nilai oleh Atasan Langsung
3.      Mendata dan mengarsipkan file pegawai.
4.      Mengusulkan cuti dan kenaikan pangkat
5.      Mengusulkan tunjangan pegawai ( Penyesuaian Fungsional, Baju, Sepatu dan lain-lain)
6.
Data dan Informasi
1.      Sebagai pusat data dan informasi puskesmas.
2.      Mengumpulkan dan mengecek laporan puskesmas sebelum dikirim ke dinas kesehatan
3.      Menyajikan laporan dalam bentuk visualisasi data (tabel, grafik,dll)
4.      Mengidentifikasi masalah program dari hasil visualisasi data dan menyerahkan hasilnya kepada koordinator perencanaan dan penilaian
5.      Bersama-sama team data dan informasi menyusun semua laporan puskesmas (PTP, minilok, Lap. Tahunan, Stratifikasi, dsb.)
6.      Pencatatan dan pelaporan.
7.
Perencanaan dan Evaluasi
1.      Mengkoordinir kegiatan team perencanaan dan penilaian
2.      Menyusun jadwal evaluasi kegiatan puskesmas secara kontinyu
3.      Menyusun laporan hasil evaluasi dan perencanaan untuk selanjutnya diserahkan kepada koord. data & informasi serta koordinasi  program terkait
4.      Mengarsipkan hasil kegiatan
8.
Koordinator UPTF Upaya Kesehatan Masyarakat
1.      Mengkoordinir dan bertanggung jawab dalam penyusunan perencanaan dan evaluasi kegiatan di unit P2M,PROM. KES, KIA/KB, GIZI dan KESLING
2.      Mengkoordinir dan berperan aktif terhadap kegiatan di Unitnya
9.
Koordinator Unit Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit (P2M)
1.      Menyusun perencanaan dan evaluasi kegiatan di unit P2M
2.      Mengkoordinir dan berperan aktif terhadap kegiatan di unitnya.
3.      Ikut secara aktif mencegah dan mengawasi terjadinya peningkatan kasus penyakit menular serta menindak lanjuti terjadinya KLB.
10.
Pemegang ProgramSurveilans
1.      Berperan aktif secara dini melakukan pengamatan terhadap penderita, kesling, perilaku masyarakat dan perubahan kondisi.
2.      Analisis tentang KLB
3.      Penyuluhan kesehatan secara intensif
4.      Pencatatan dan pelaporan
11.
Pemegang ProgramP2 Imunisasi
Bertanggung jawab dan mengkoordinir kegiatan sebagai berikut :
1.      Pelaksanaan Imunisasi Polio, Campak, HB, BCG, DPT pada bayi ditempat pelayanan kesehatan ( Puskesmas, Posyandu dan pustu ).
2.      Pelaksanaan Imunisasi TT pada BUMIL & WUS ditempat pelayanan kesehatan.
3.      Penyuluhan imunisasi dan sweeping ke rumah target yang tidak datang ke tempat pelayanan kesehatan.
12.
Pemegang ProgramP2 Diare
1.      Penyuluhan untuk memasyarakatkan hidup bersih dan sehat serta memasyarakatkan oralit.
2.      Kaporitisasi sumur-sumur dan sumber air sebanyak 2 kali se tahun.
3.      Surveillance yaitu mengurangi dan menghindari kontak untuk mencegah penyebaran kasus.
4.      Pecatatan dan Pelaporan.
5.      Penemuan dan pengobatan penderita diare di dalam maupun di luar gedung.
6.      Aktif dalam penyelidikan KLB/peningkatan kasus
13.
Pemegang ProgramP2 DHF
1.      Penentuan target sasaran, khususnya di desa endemis DHF, Penyuluhan DHF
2.      Pemberantasan vektor melalui PJB dan PSM serta pelaksanaan ULV di wilayah kerja
3.      Penemuan dan pengobatan penderita
4.      Pencatatan dan Pelaporan
5.      Melaksanakan Penyelidikan Epidemiologi DHF
6.      Pemeriksaan larva
7.      Pemantauan/monitoring jumantik desa endemis
8.      Pertemuan berkala jumantik
9.      Rekapitulasi laporan jumantik
14.
Pemegang ProgramP2 TBC
1.      Penyuluhan tentang TBC serta kunjungan dan follow up ke rumah pasien
2.      Pencatatan dan Pelaporan kasus
3.      Penemuan secara dini penderita TBC
4.      Pengobatan penderita secara lengkap
5.      Koordinasi dengan petugas laboratorium terhadap penderita/tersangka TBC untuk mencari BTA +
15.
Pemegang ProgramP2 ISPA
1.      Penyuluhan tentang ISPA
2.      Penemuan secara dini penderita ISPA
3.      Pengobatan penderita secara lengkap
4.      Pencatatan dan Pelaporan kasus
16.
Pemegang Program PMS-AIDS
1.      Penyuluhan tentang PMS dan AIDS
2.      Kerjasama dengan Yayasan peduli AIDS mengenai pendataan penderita PMS dan AIDS.
3.      Penemuan secara dini penderita PMS dan AIDS.
4.      Pengobatan penderita yang menderita maupun yang dicurigai.
17.
Pemegang Program P2 Malaria
1.      Penyuluhan tentang Malaria
2.      Pemberantasan Nyamuk Anopeles.
3.      Kerja sama dengan aparat pemerintahan desa dalam pelaporan pendatang terutama yang berasal dari daerah endemis Malaria.
4.      Penemuan secara dini penderita malaria
5.      Pengobatan penderita yang menderita maupun yang dicurigai.
18.
Pemegang Program P2 Kusta
1.      Penyuluhan tentang Kusta
2.      Penemuan Penderita Kusta dengan pemeriksaan kontak, pemeriksaan anak sekolah dan case survei
3.      Memberikan pengobatan yang tepat sesuai diagnosa dan klasifikasinya.
4.      Melakukan pencegahan cacad dengan mengawasi dan mengevaluasi pengobatan
5.      Pencatatan dan Pelaporan
19.
Pemegang Program P2 Rabies
1.      Pencatatan pasien yang digigit HPR ( Hewan Penular Rabies)
2.      Pemberian Vaksin Anti Rabies (VAR) bagi pasien digigit anjing
3.      Pengamprahan dan pencatatan pemakaian VAR
4.      Pembuatan laporan pasien dan vaksin
20.
Pemegang ProgramPromosi Kesehatan
1.      Mengkoordinir dan bertanggung jawab terhadap semua kegiatan promosi kesehatan di wilayah kerja puskesmas.
2.      Perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan promosi dilakukan bersama-sama dengan coordinator program yang terkait.
3.      Kegiatan dalam Gedung
A.    Penyuluhan langsung kepada perorangan maupun kelompok penderita di Puskesmas / Pustu
B.     Penyuluhan tidak langsung melalui Media Poster / Pamflet
4.      Kegiatan di luar Gedung
A.    Penyuluhan melalui media masa, pemutaran Film, siaran keliling maupun media tradisional.
B.     Penyuluhan kelompok melalui posyandu dan sekolah.
5.      Koordinator pelaksanaan PHBS
6.      Koordinator pelaksanaan Bali Sehat
7.      Pencatatan dan pelaporan
21.
Pemegang Program JPKMM
1.      Pendataan KK dan anggota Gakin
2.      Penyusunan perencanaan dana operasional JPKMM
3.      Pencatatan operasional dana JPKMM
4.      Pelayanan kesehatan untuk anggota JPKMM
5.      Penyuluhan tentang prosedur dan tata laksana pemanfaatan kartu GAKIN
6.      Pencatatan dan Pelaporan
22.
Koordinator Unit KIA,KB, Gizi
1.      Menyusun perencanaan dan evaluasi kegiatan di unit KIA,KB, Gizi, Kes. Anak, Kes Remaja
2.      Mengkoordinir dan berperan aktif terhadap kegiatan di unitnya.
3.      Ikut secara aktif mencegah dan mengawasi terjadinya masalah dan memecahkan masalah yang ada di unitnya.

C.    Sumber Data Sistem Informasi Puskesmas
Sumber data adalah bukti nyata yang menggambarkan kondisi atau fakta yang sebenarnya di lapangan atau di masyarakat. Informasi adalah hasil dari pengolahan data dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya yang menggambarkan suatu kejadian sehingga akan berguna untuk pengambilan keputusan. Data dapat dikumpulkan dengan berbagai macam cara, yaitu:
1.      metode rutin
2.      metode non-rutin.
Pengumpulan data secara rutin dilakukan untuk data yang berasal dari fasilitas kesehatan. Data ini dikumpulkan atas dasar catatan atau rekam medik pasien/klien baik yang berkunjung ke fasilitas pelayanan kesehatan maupun yang dilayani di luar gedung fasilitas pelayanan kesehatan. Pengumpulan data secara rutin umumnya dilakukan oleh petugas kesehatan. Akan tetapi pengumpulan data secara rutin juga dapat dilakukan oleh masyarakat (kader kesehatan). Bentuk lain dari pengumpulan data secara rutin adalah registrasi vital. Adapun pengumpulan data secara non-rutin umumnya dilakukan melalui survei, sensus, evaluasi cepat (kuantitatif atau kualitatif), dan studi-studi khusus/penelitian.


D.    Pencatatan Dan Pelaporan Kegiatan Sistem Informasi Puskesmas
Kegiatan-kegiatan pokok Pusskesmas yang diselenggarakan oleh puskesmas sejak berdirinya semakin berkembang. Usaha pokok kesehatan yang dapat dilaksanakan oleh puskesmas sesuai dengan kemampuan yang ada dari tiap-tiap puskesmas baik dari segi tenaga, fasilitas biaya/ anggaran yang tersedia. Oleh karena itu pemerintah dewasa ini menetapkan 20 pokok usaha kesehatan puskesmas yang terdiri dari:
A.    Upaya kesehatan ibu dan anak
1.      Pemeliharaan kesehatan ibu hamil, melahirkan dan menyususi, bayi, balita, dan anak prasekolah.
2.      Memberikan nasehat tentang makanan guna mencegah gizi buruk karena kekurangan kalori dan protein, serta bila ada pemberian makanan tambahan dan mineral.
3.      Pemberian nasehat tentang perkembangan anak dan cara stimulasinya.
4.      Imunisasi tetanus toksoid pada ibu hamil, BCG, DPT 3 kali, polio 3 kali dan campak 1 kali pada bayi.
5.      Penyuluhan keehatan meliputi berbagai aspek dalam mencapai tujuan program KIA
6.      Pelayanan KB pada pasangan usia subur dengan perhatian khusus pada mereka yang dalam keadaan bahaya karena melahirkan anak berkali-kali dan ibu beresiko tinggi.
7.      Pengobatan bagi ibu, bayi, balita dan anak prasekolah untuk macam-macam penyakit ringan.
8.      Kunjungan untuk mencari ibu dan anak yang memerlukan pemeliharaan, memberikan penerangan dan pendidikan tentang kesehatan dan mengadakan pemantauan pada mereka yang lalai mengunjungi puskesmas dan meminta mereka datang ke puskesmas lagi.
9.      Pengawasan dan bimbingan kepada taman kanak-kanak dan para dukun bayi.
B.     Upaya keluarga berencana
1.      Mengadakan kursus KB untuk para ibu dan calon ibu.
2.      Mengadakan kursus kepada dukun yang kemudian akan bekerja sebagai     penggerak calon peserta KB.
3.      Mengadakan pembicaraan-pembicaraan tentang KB kapan saja ada kesempatan baik di puskesmas maupun ketika mengadakan kunjungan rumah.
4.      Memasang IUD, cara—cara penggunaan pil, kondom, dan cara- cara lain    dengan memberikan sarannya.
5.      Mengamati mereka yang menggunakan sarana pencegahan kehamilan.
C.     Upaya peningkatan gizi
1.      Mengenali penderita kekurangan gizi dan mengobati mereka
2.      Mempelajari keadaan gizi masyarakat dan mengembangkan program perbaikan gizi.
3.      Memberikan pendidikan gizi pada masyarakat secara perseorangan kepada mereka yang membutuhkan terutama dalam rangka program KIA.
4.      Melaksanakn program:
(a)       program perbaikan gizi keluarga
(b)       memberikan makanan tambahn yang mengandung protein dan kalori yang cukup pada anak-anak dibawah umur 5 tahun dan ibu yang menyususi.
(c)       Memberiakn vitamin A pada anak-anak dibawah umur 5 tahun
D.    Upaya kesehatan lingkungan
1.      Penyehatan air bersih
2.      Penyehatan pembuangan kotoran
3.      Penyehatan lingkungan perumahan
4.      Penyehatan makanan dan minuman
5.      Pelaksanaan peratuaran dan perundang-undangan
E.     Upaya pencegahan dan pemberantasan penyakit menular
1.      Mengumpulkan dan menganalisa penyakit
2.      Melaporkan kasus penyakit menular
3.      Menyelidiki dilapangan untuk melihat benar atau tidaknya laporan yang     masuk untuk menemukan kasus-kasus baru dan untuk mengetahui sumber        penularan.
4.      Tindakan permulaan untuk menahan penularan penyakit
5.      Menyembuhkan penderita sehingga ia tidak lagi menjadi sumber infeksi
6.      Pemberian imunisasi
7.      Pemberantasa vektor
8.      Pendidikan kesehatan pada masyarakat
F.      Upaya penyuluhan kesehatan
1.      penyulahan kesehatan masyarakat merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari tiap-tiap program puskesmas. Kegiatan penyuluhan kesehatan dilakukan pada setiap kesempatan oleh petugas, apakah di   klinik, rumah dan kelompok masyarakat.
2.      Di tingakat puskesmas tidak ada petugas pnyuluhan tersendiri tetapi di tingkat kabupaten diadakan tenaga-tenaga koordinator penyuluhan kesehatan. koordinator membantu para petugas puskesmas dalam mengembangkan teknik dan materi penyuluhan di puskesmas.
G.    Upaya kesehatan sekolah
1.      membina sarana keteladanan di sekolah, berupa sarana keteladanan gizi berupa kantin dan sarana keteladanan kebersiahn lingkungan.
2.      Membina kebersihan perseorangan peserta didik.
3.      Mengembangkan kemampuan peserta didik untuk berperan aktif dalam pelayanan kesehatan melalui kegiatan dokter kecil.
4.      Penjaringan kesehatan peserta didik kelas I.
5.      Pemerikasaan kesehatan periodic sekali setahun untuk kelas II-IV dan guru berupa pemeriksaan kesehatan sederhana
6.      Imunisasi peserta didik I dan VI.
7.      Pengawasan terhadap keadaan air
8.      Pengobatan ringan pertolongan pertama
9.      Rujukan medik
10.  Penanganan kasus anemia gizi
11.  Pembinaan teknik dan pengawasan di sekolah
12.  Pencatatan pelaporan
H.    Upaya kesehatan olah raga
1.      Pemeriksaan kesehatan berkala
2.      Penentuan takaran latihan
3.      Pengobatan dengan latihan dan rehabilitasi
4.      Pengobatan akibat cedera latihan
5.      Pengawasan selama pemusatan latihan
I.       Upaya kesehatan masyarakat
1.      Asuhan perawatan kepada individu di puskesmas maupun di rumah dengan berbagi tingkat umur, kondisi kesehatan tumbuh kembang dan jenis kelamin
2.      Asuhan perawatan yang diarahkan kepada keluarga sebagai unit terkecil dari masyarakat (keluarga binaan)
3.      Pelayanan perawatan kepada kelompok khusus diantaranya: ibu hamil, anak balita, usia lanjut dan sebagainya.
4.      Pelayanan keperawatan kapada tingkat masyarakat
J.       Upaya kesehatan kerja
1.      Identifikasi masalah, meliputi:
2.      Pemeriksaan kesehatan awal dan berkal untuk para pekerja
3.      Pemeriksaan kasus terhadap pekerja yang dating berobat ke puskesmas
4.      Peninjauan tempat kerja menentukan bahaya akibat kerja
5.      Kegiatan peningkatan tenaga kerja melalui peningkatan gizi pekerja, lingkungan kerja dan peningkatan kegiatan kesejahteraan.
6.      Kegiatan pencegahan kecelakaan akibat kerja meliputi:
a)      Penyuluhan kesehatan
b)      Kegiatan ergonomic, yaitu kegiatan untuk mencapai kesesuain antara alat kerja agar tidak terjadi stress fisik
c)      Kegiatan monitoring bahaya akibat kerja
d)     Pemakaian alat pelindung
7.      Kegiatan pengobatan kasus penyakit akibat kerja
8.      Kegiatan pemulihan bagi pekerja yang sakit
9.      Kegiatan rujukan medik dan kesehatan terhadap pekerja yang sakit
K.    Upaya kesehatan gigi dan mulut
1.      Pembinaan/pembangunan kemampuan peran serta masyarakat dalam upaya pemeliharaan diri dalam wadah program UKGM.
2.      Pelayanan asuhan pada kelompok rawan meliputi: anak sekolah,      kelompok        ibu hamil, menyusui dan anak prasekolah.
3.      Pelayanan medis gigi dasar, meliputi:
a)      Pengobatan gigi pada penderita yang berobat maupun yang rujuk
b)      Merujuk kasus-kasus yang dapat ditanggulangi kesasaran yang lebih mampu
c)      Memberikan penyuluhan secara individu atau kelompok
d)     Meemlihara kesehatan (hygiene klinik)
e)      Memelihara atau merawat peralatan atau obat-obatan
4.      Pencatatan dan pelaporan


L.     Upaya kesehatan jiwa
1.      Kegiatan kesehatan jiwa yang terpadu dengan kegiatan pokok puskesmas.
2.      Penanganan pasien dengan gangguan jiwa
3.      Kegaitan dalam bentuk penyuluhan serta pembinaan peran serta masyarakat
4.      Pengemabangan upaya kesehatan jiwa puskesmas melalui tekanan bola mata, tes saluran air mata, tes lapang pandang, pundus copy, dan pemeriksaan laboratorium.
5.      Penataan dan pelaporan
M.   Upaya kesehatan mata.
1.      Upaya kesehatan mata, pencegahan kesehatan dasar yang terpadu dengan kegaiatan lainnya
2.      Upaya kesehatan mata
a)       Anamnesa
b)      Pemeriksaan visus dan mata keluar, tes buta warna, tes tekanan bola mata, tes saluran air mata, tes lapang pandang, pundus copy, dan pemeriksaan laboratorium.
c)      Pengobatab dan pemberian kaca mata
d)     Operasi katarak
e)      Perawatan post operasi katarak dan glukoma yang dilakukan oleh tim rujukan dari rumah sakit
f)       Perawatan post operasi katarakdan glukoma akut
g)      Merujuk kasus yang tidak dapat diatasi
h)      Pemberian protesa mata
3.      peningkatan peran serta masyarakat dalam bentuk penyuluhan kesehatan, serta mencipatkan kemandirian masyarakat dalam pemeliharaan kesehatan mata mereka
4.      pengembangan masyarakat kesehatan mata masyarakat
5.      pencatatan dan pelaporan
N.    Upaya laboratorium kesehatan
1.      Diruang laboratorium
a)      penerimaan pasien
b)      Pengambilan specimen
c)      Penanganan specimen
d)     Pelaksanaan pemeriksaan
e)      Penanganan sisa specimen
f)       Pencatata hasil pemeriksaan
g)      Pengecekan hasil pemeriksaan
h)      Penyampaian hasil pemeriksaan
2.      Terhadap specimen yang akan dirujuk
a)      Pengambilan specimen
b)      Penaganan specimen
c)      Pengemasan specimen
d)     Pengiriman specimen
e)      Pengambilan hasil pemeriksaan
f)       Pencatatan hasil pemeriksaan
g)      Penyampaian hasil pemeriksaan
3.      Diruang klinik dilakukan oleh perawat atau bidan meliputi |
a)      persiapan pasien
b)      pengambilan specimen
c)      menyerahkan specimen untuk diperiksa
4.      Diluar gedung meliputi:
a)      melakukan tes skrining Hb
b)      pengambilan specimen untuk kemudian dikirim kelabolatorium puskesmas
c)      memberikan penyuluhan
d)     pencatatan dan pelaporan


O.    Upaya pencatatan dan pelaporan dalam rangka sistem informasi kesehatan.
1.      Dilakukan oleh semua puskesmas (Pembina, pembantu, dan keliling)
2.      Pencatatan dan pelaporan mencakup :
a)      data umum dan demografi wilayah kerja puskesmas
b)      data ketenagaan di puskesmas
c)      data sarana yang dimiliki puskesmas
d)     data kegiatan pokok puskesmas yang dilakukan baik didalam maupun diluar gedung puskesmas
3.      Laporan dilakukan secara periodic (bulan, triwulan, dan tahunan
E.     Pengembangan Indikator Sistem Informasi Puskesmas
Strategi pengembangan Puskesmas yang dilaksanakan, dimaksudkan untuk memberikan wadah bagi Puskesmas untuk mengembangkan diri sesuai potensi masing-masing yang tujuannya adalah peningkatan mutu layanan secara komprehensif (promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif) dengan tetap berpegang pada prinsip-prinsip strategi pengembangan Puskesmas.
Indikator kinerja puskesmas
1.      Kondisi bangunan Puskesmas
2.      Ketersediaan listrik 24 jam
3.      Alat kesehatan sesuai standar
4.      Kecukupan sarana komunikasi
5.      Pelaksanaan perencanaan
6.      Pelaksanaan Upaya Kesehatan Pilihan
7.      Pertemuan berkala lintas sektor
8.      Persentase Penduduk miskin ditangani
9.      Cakupan Desa siaga aktif
10.  Ketersediaan dan kecukupan air bersih
11.  Kecukupan tenaga kesehatan
12.  Ketersediaan obat sesuai standar
13.  Ketersediaan sarana Transportasi
14.  Kecukupan dana operasional
15.  Pelaksanaan upaya kesehatan wajib
16.  Rujukan medis dan kesmas
17.  Pelaksaan diskusi kasus(audit kasus)
18.  Presentase penduduk ditangani

19.  Presentase kemandirian posyandu


sumber : 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar